Senin, 21 November 2011

Oleh-oleh Bandung

Siapa yang tidak kenal dengan Keripik Tempe dan Pisang Sale ? Kedua makanan ini adalah salah satu ciri khas makanan Kota Bandung, kalau kita pulang dari Bandung pasti oleh-oleh tempenya mana?? yang dimaksud disini adalah Keripik Tempe khas Bandung yang garing gurih. Inspirasi dari papa yang suka makan keripik tempe, kakak yang suka pisang sale, dan berhubung saya juga suka pulang pergi ke Bandung jadi disini mau bagi-bagi sedikit gimana caranya membuat Keripik Tempe dan Pisang Sale. Semoga infonya berguna buat pembaca semua .

Resep Keripuik Tempe :

Bahan Keripik Tempe :

Tempe kedelai secukupnya
Tepung beras, 300 gram
Tepung tapioka/kanji, 150 gram
Telur ayam, 1 butir
Air, 500 gram
Minyak goreng, 2 liter

Bumbu halus :

Ketumbar, 10 gram
Bawang putih, 50 gram
Kemiri, 50 gram
Kunyit bubuk, 1/4 sendok teh ( jika suka )
Garam, 8 gram
Daun jeruk, 5 gram

Cara membuat Keripik Tempe :

Lapisan : Campur tepung beras, tepung tapioka, telur ayam, bumbu halus hingga rata. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata, sisihkan.
Potong/iris tempe dengan ketebalan kira-kira 0,5 mm – 1 mm.
Panaskan minyak di atas api sedang.
Celup tiap lembaran tempe dalam adonan lapisan, angkat, tiriskan. Goreng hingga kering dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan dan dinginkan.
Keripik tempe siap dikemas.

Tips membuat Keripik Tempe :

Untuk membuat keripik tempe, sebaiknya pilih tempe yang padat, agar penampilannya lebih cantik dan renyah / krispi lebih lama.
Lebih bagus lagi bila tempenya diproduksi sendiri dengan ketebalan sesuai ukuran keripik yang akan dibuat sehingga tidak perlu memotong. Jika memang tempenya harus membeli, disarankan menggunakan alat pemotong khusus, karena sifat tempe mudah hancur saat dipotong.
Potong/iris tempe sesaat akan diolah agar spora tidak banyak tumbuh, karena kalau spora terlalu banyak tumbuh dapat mengakibatkan kerenyahan keripik tempe cepat hilang ( melempem ).
Gunakan minyak goreng yang baru dan banyak saat menggoreng keripik tempe, agar penampilan dan rasa keripik berkualitas ( tidak tengik dan warnanya kuning cerah kecokelatan ).
Kemas keripik tempe dengan kemasan yang betul-betul kedap udara, agar kerenyahan tempe lebih terjaga. Pastikan keripik tempe sudah dingin saat dikemas.

Resep membuat Pisang Sale dan sedikit mengenai Pisang sale :
Sale pisang adalah makanan hasil olahan dari buah pisang yang disisir tipis kemudian dijemur. Tujuan penjemuran adalah untuk mengurangi kadar air buah pisang sehingga pisang sale lebih tahan lama. Pisang sale ini bisa langsung dimakan atau digoreng dengan tepung terlebih dahulu. selain itu, saat ini sale pisang mempunyai berbagai macam rasa seperti rasa keju. Saat ini, produksi pisang sale sudah menembus pasar internasional.
Sale pisang merupakan produk pisang yang dibuat dengan proses pengeringan dan pengasapan. Sale dikenal mempunyai rasa dan aroma yang khas.

Sifat-sifat penting yang sangat menentukan mutu sale pisang adalah warna, rasa, bau, kekenyalan, dan ketahanan simpannya. Sifat tersebut banyak dipengaruhi oleh cara pengolahan, pengepakan, serta penyimpanan produknya. Sale yang dibuat selama ini sering kali mutunya kurang baik terutama bila dibuat pada waktu musim hujan. Bila dibuat pada musim hujan perlu dikeringkan dengan pengeringan buatan (dengan sistem tungju).

Ada 3 (tiga) cara pembuatan sale pisang, yaitu :

Cara tradisional dengan menggunakan asap kayu;
Cara pengasapan dengan menggunakan asap belerang;
Cara basah dengan menggunakan natrium bisulfit.

Proses pengasapan dengan menggunakan belerang berguna untuk :

Memucatkan pisang supaya diperoleh warna yang dikehendaki;
Mematikan mikroba (jamur, bakteri);
Mencegah perubahan warna.


source:
www.wikipedia.com
www.resepmasakanindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar