Senin, 21 November 2011

http://www.teknojurnal.com/2011/09/20/pertumbuhan-pelanggan-blackberry-di-indonesia-pada-tahun-2011/

Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan gadget-gadget seperti blackberry, iphone, ipad, galaxy tab, notebook, dll. Kini gadget-gadget tersebut bukan lagi sebagai kebutuhan tambahan, tetapi sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat kelas menengah keatas. Bahkan handphone pun kini menjadi kebutuhan pokok seluruh kalangan masyarakat. Apalagi masyarakat ibukota. Pada saat ini, pasti anda akan kesulitan mencari warga jakarta yang belum memiliki handphone. Itulah salah satu dampak perkembangan teknologi di Indonesia.


Pada tahun 2010 kemarin, jumlah pengguna blackberry di Indonesia mencapai 2.63 juta dan tahun ini diperkirakan mencapai 4juta pengguna. Itu merupakan suatu peningkatan penjualan yang fantastis. Sayangnya hampir semua gadget yang dipakai masyarakat kita adalah gadget produksi luar negri. Tak ada gadget produksi Indonesia yang 'booming' di pasaran. Hal ini menunjukkan bahwa kemajuan teknologi di Indonesia hanya sebatas konsumsinya saja, bukan dari segi produksi.


Setiap tahunnya, Ujian Nasional rata meluluskan sekitar 1juta siswa SMA. Jika dihitung sejak tahun 1900, maka kurang lebih ada 20juta pelajar Indonesia yang telah menamati pendidikan hingga SMA. Akan tetapi dari 20juta tersebut tidak ada satupun yang dapat memajukan teknologi di Indonesia. Dari dulu hingga sekarang Indonesia hanya mampu mengekspor di bidang migas atau hasil alam saja. Tidak ada dari bidang teknologinya.


Seandainya para sarjana-sarjana teknik di Indonesia lebih bisa produktif untuk menghasilkan produk yang layak pakai, maka bukan tidak mungkin penjualan produk lokal akan melebihi produk luar semacam blackberry atau Iphone. Karena dilihat dari daya beli masyarakat Indonesia yang tinggi dan harga produk lokal yang pasti akan lebih murah dibanding produk luar. Sayangnya hal seperti itu belum dapat diwujudkan. Karena ternyata masyarakat Indonesia lebih senang menikmati suatu teknologi daripada pusing-pusing memikirkan bagaimana teknologi itu bekerja.

http://www.teknojurnal.com/2011/09/20/pertumbuhan-pelanggan-blackberry-di-indonesia-pada-tahun-2011/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar